Notification

×

(Ditlantas) Polda Metro Jaya Menegaskan tidak ada Penindakan tilang saat pelaksanaan filterisasi

Kamis, April 28, 2022 | Kamis, April 28, 2022 WIB Last Updated 2022-04-28T02:17:51Z
"".


SUARAFORUM.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menegaskan tidak ada penindakan tilang saat pelaksanaan filterisasi sistem ganjil genap satu arah (one way) di Tol Jakarta-Cikampek mulai Kamis (28/4/2022) hari ini.


“Tidak ada penindakan apa-apa,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Jakarta, Rabu (27/4/2022) malam.


Kombes Sambodo mengatakan, pihaknya akan menempatkan petugas untuk melakukan filterisasi agar pelat nomor kendaraan yang masuk Tol Jakarta-Cikampek sesuai dengan tanggalnya.


Jikapun ada penindakan, yang akan dilakukan petugas kepolisian hanya mencegah kendaraan dengan pelat nomor yang tidak sesuai tanggal untuk masuk ke Tol Jakarta-Cikampek. “Jadi, ketika yang bersangkutan akan masuk ke jalan tol jika tidak sesuai tanggalnya maka akan diluruskan saja, tidak boleh masuk ke tol,” kata Kombes Sambodo.


Adapun daftar gerbang tol yang akan diberlakukan filterisasi ganjil genap yakni:


Gerbang Tol Pondok Gede/Pangkalan Jati


Gerbang Tol Bekasi Barat

Gerbang Tol Bekasi Timur

Gerbang Tol Tambun

Gerbang Tol Cibitung

Gerbang Tol Cikarang Barat

Gerbang Tol Cikarang Pusat/Timur

Gerbang Tol Cibatu


Dengan demikian, kendaraan berpelat nomor ganjil hanya bisa masuk ke dalam Tol Jakarta-Cikampek pada tanggal ganjil. Demikian pula kendaraan berpelat nomor genap, hanya bisa memasuki Tol Jakarta-Cikampek pada tanggal genap.


Menurut Kombes Sambodo, teknis pelaksanaan ganjil genap pada saat one way di jalan tol ini berbeda dengan rencana awal yang sebelumnya disiapkan dan sudah diuji coba oleh kepolisian. Dalam uji coba yang digelar pada 25-26 April 2022, filterisasi kendaraan berdasarkan ganjil genap dilakukan di dalam ruas Jalan Tol Cikampek Km 47, sebelum Jalan Layang Tol Mohammed bin Zayed (MBZ). Kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan ganjil genap kendaraan akan dilarang naik ke Jalan Layang Tol MBZ. Mereka akan diarahkan ke jalur bawah untuk keluar ke jalan arteri melalui gerbang tol terdekat.(rudi

×
               
         
close