Notification

×

Antisipasi Banjir,Babinsa Koramil 03/Kaway XVl Ajak Warga Cek Debit Air Sungai Krung Meureubo

Kamis, Juni 16, 2022 | Kamis, Juni 16, 2022 WIB Last Updated 2022-06-16T00:51:54Z
"".


SUARAFORUM.com - Aceh Barat - Pasca curah hujan deras semalam suntuk yang mengguyur beberapa wilayah di Aceh Barat, membuat Babinsa Koramil 03/Kaway XVl Kodim 0105/Abar Sertu Taufik Nasution harus selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam terutama banjir dengan mengajak warga untuk mengecek volume air Sungai yang melintasi Desa Perlimbungan Kecamatan Kaway XVl, Rabu (15/6/2022)


Kroscek langsung ini merupakan aplikasi tanggap bencana dan antisipasi sebelum terjadinya musibah terutama banjir akibat luapan air Sungai. Ini merupakan salah satu upaya deteksi sejak dini dari Babinsa mempersiapkan bantuan bila mana terjadi banjir agar bisa meminimalisir dampaknya.


Sebab, Babinsa sebagai Pembina Desa dituntut untuk bertindak tanggap dan sigap dalam situasi kondisi apapaun guna memberikan segala daya dan upayanya untuk mengantisipasi kejadian - kejadian yang tidak diinginkan, terutama di wilayah binaannya.


Dari monitoring tersebut, keadaan debit air Sungai secara umum volumenya masih aman kendatipun sedikit air telah menyentuh bibir Sungai.


"Meskipun masih aman, namun Kami menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di dekat bantaran aliran Sungai agar selalu waspada dan peka terhadap perkembangan air Sungai. Mengingat cuaca hingga saat ini masih mendung, tidak menutup kemungkinan hujan akan turun lagi dan menambah volume air Sungai. Apalagi di daerah hulu diguyur hujan terus menerus", imbau Babinsa dengan nada mengingatkan. 


Lanjutnya, seluruh warga diminta untuk harus selalu siap siaga kapan saja, bila melihat debit air Sungai mendadak makin tinggi, segera menyelamatkan diri dan barang - barang berharga ke tempat yang lebih aman. Namun tetap perhatikan faktor keamanan dan yang terpenting jangan panik.


"Kami dari Koramil akan selalu memantau perkembangan situasi dan berkoordinasi dengan Aparatur Desa guna mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan", pungkas Sertu Taufik. 

×
               
         
close