Notification

×

Dandim 0105/Abar lkuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Yang Digelar Di Kantor Bupati Aceh Barat

Rabu, Juni 01, 2022 | Rabu, Juni 01, 2022 WIB Last Updated 2022-06-01T04:44:58Z
"".


SUARAFORUM.com - Aceh Barat,Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan dasar Negara lndonesia. Pada peringatan tahun ini dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam Upacara ini secara virtual, layaknya yang dilakukan oleh unsur Forkopimda Aceh Barat dengan mengikuti pelaksanaan Upacara secara zoom meeting di Ruangan Rapat Bupati Aceh Barat yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Rabu (1/6/2022)


Adapun Forkopimda yang tampak hadir diantaranya Bupati Aceh Barat H. Ramli MS, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., Kapolres AKBP Pandji Santoso, S.I.K., M.Si., dan para Pejabat lainnya.


Dari balik layar, Upacara hari ini di Pimpin langsung oleh Presiden Rl lr. H. Joko Widodo yang didampingi oleh lbu Negara lriana Joko Widodo dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.


Sementara Komandan Upacara diemban oleh Kolonel lnf Tunjung Setyabudi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade lnfanteri/21 Komodo Kodam Udayana. Sedangkan Pembaca Naskah Pancasila adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick membacakan UUD 1945. Kemudian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy membacakan do'a usai amanat dari lnspektur Upacara.


Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat lndonesia untuk membumikan nilai - nilai Pancasila dalam kehidupan sehari - hari.


"Dari Kota Ende Kelurahan Kotaraja Provinsi NTT, Saya mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada untuk bersama - sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai - nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebab, Pancasila telah mempersatukan lndonesia dan menjadi bintang penuntun saat menghadapi berbagai persoalan", ucap Jokowi. 


Hal itu, tutur Jokowi, terbukti saat berkali - kali bangsa lndonesia menghadapi segala tantangan. Namun bangsa lndonesia tetap berdiri kokoh berkat landasan berdasarkan kepada Pancasila.


Presiden Jokowi mengungkapkan mengapa Kota Ende dipilih sebagai lokasi Upacara tahun ini, sebab, Ende merupakan Kota bersejarah karena di Kota inilah Presiden Pertama RI yakni Soekarno merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.


"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga semangat Persatuan dan Kesatuan bangsa tetap terjaga. Mari Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia", pungkas Jokowi. 

×
               
         
close