Ciptakan Kenyamanan Kaum Adam Sholat Jum'at,Anggota Koramil 07/JP Gelar Aksi Bersih - Bersih Masjid -->

Header Menu


Ciptakan Kenyamanan Kaum Adam Sholat Jum'at,Anggota Koramil 07/JP Gelar Aksi Bersih - Bersih Masjid

Jumat, 05 Agustus 2022


SUARAFORUM.com - Aceh Barat - Upaya kepedulian akan sarana tempat ibadah, para Anggota Koramil 07/Johan Pahlawan Kodim 0105/Abar mengisi kegiatan keagamaan di hari Jum’at dengan membersihkan bagian lingkungan areal luar – dalam Masjid Al-Istiqomah yang berada di Desa Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (5/8/2022)


Aksi bersih - bersih kali ini di bawah kendali Bati Tuud Pelda Rodi Sahputra dengan memfokuskan pembersihan di Teras Masjid, seputaran Tempat Wudhu dan bagian dalam Masjid. Kegiatan ini tidak hanya menseterilkan dari berbagai macam hadast, namun juga sebagai upaya menciptakan kesucian yang muaranya  pada saat melaksanakan ibadah Sholat Jum’at nantinya para jamaah akan merasa nyaman, khusyuk dan lebih afdhol.


"Kegiatan ini dilakukan tidak hanya sebatas mengenai kebersihan, akan tetapi bisa dijadikan ajang menjalin kedekatan dengan masyarakat sekaligus menjadi jalan mencari amalan ibadah kepada Allah SWT", ungkap Pelda Rodi Sahputra. 


Di lokasi berbeda, Danramil 07/Johan Pahlawan Kapten lnf Hendra Saputra mengatakan bahwa aksi bersih – bersih Masjid ini merupakan agenda rutin di setiap hari Jum’at yang rutin dilakukan oleh para anggotanya dengan mekanisme secara bergiliran dari Masjid ke Masjid yang ada di wilayah teritorial Johan Pahlawan, khususnya di Kota Meulaboh.


“Sesuai dalam hadist, kebersihan merupakan sebahagian dari pada iman, disamping sebagai pangkal kesehatan. Untuk itulah, Masjid – Masjid yang ada di wilayah teritorial Johan Pahlawan akan Kita bersihkan di setiap hari Jum’at. Dengan terciptanya lingkungan Masjid yang bersih, pastinya akan memberikan hawa kenyamanan bagi umat lslam dalam menunaikan ibadah. Apalagi hari Jum’at identik dengan Sholat Jum’at bagi kaum Adam terutama yang sudah aqil baliq”, ulas Kapten Hendra. 


Pantauan di TKP, tidak hanya Anggota Koramil 07/Johan Pahlawan, kegiatan pembersihan luar dan dalam Masjid ini juga turut melibatkan BKM Masjid Al-Istiqomah yakni Tgk. H.Mawardi dan warga sekitar.


“Selaku Pengurus atau BKM Masjid Al-Istiqomah Desa Suak Ribee, Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Danramil beserta Anggotanya yang sudah berpartisipasi dan peduli dengan kebersihan Masjid yang ada di Desa Kami. Mudahan - mudahan niat tulus dan peran aktif Bapak – Bapak bisa menjadi ladang pahala di yaumil masyhar”, ucap Tgk. Mawardi mendoakan keberkahan.