Kasdim 0105/Abar Menjadi Pemateri Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum Aceh Barat -->

Header Menu


Kasdim 0105/Abar Menjadi Pemateri Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum Aceh Barat

Rabu, 10 Agustus 2022


SUARAFORUM.com - Aceh Barat - Kasdim 0105/Abar Mayor Inf Mazwar As'adi Riyanto menjadi motivator dengan menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan Nilai - Nilai Bela Negara dihadapan peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Formasi Umum Tahun 2021 Golongan II Angkatan I Pemkab Aceh Barat T.A 2022 menggunakan pola kemitraan antara BPSDM dengan BKPSDM yang digelar di Aula Asrama Putri Pocut Baren Jalan lskandar Muda Desa Kuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (9/8/2022)


Mengapa Wawasan Kebangsaan dan Nilai - Nilai Bela Negara begitu penting bagi CPNS. Sebab, mereka adalah cikal bakal ASN (Aparatur Sipil Negara) yang memiliki peranan sebagai instrumen penting dalam menjalankan Mesin dan Roda Pemerintahan. Latar belakang tersebutlah yang mendasari Kasdim mengupas Wasbang dan Belaneg sebagai indikator pembinaan, penyegaran, peningkatan serta penguatan kesadaran untuk membangun ketahanan nasional.


Makna dan hakekat serta penjabaran materi yang dikupas oleh Mayor Inf Mazwar As'adi Riyanto sangatlah penting untuk dipahami, apalagi oleh CPNS yang notabenenya salah satu ASN yang kedudukannya sebagai ring pertama yang memiliki peran dan fungsi sebagai perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa.


Menurut Kasdim, CPNS harus memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta mampu menjadi role model bagi masyarakat dalam mengaktualisasikan nilai - nilai Pancasila dan Bela Negara di kehidupan kesehariannya.


"Sebagai CPNS tentunya harus memahami keberadaan jati diri terhadap lingkungan sekitarnya. Karena hal tersebut merupakan penjabaran dari falsafah bangsa yang disesuaikan dengan Culture wilayah. Oleh sebab itu, dengan pembekalan Wasbang dan Belaneg ini CPNS bisa mengaplikasikan kandungannya yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, teologi Pancasila, rela berkorban serta bisa mengamalkan UUD 1945", tegas Kasdim. 


Kaitannya dengan Latsar ini, CPNS dibina secara dini, berkesinambungan, terpadu dan sinergis agar memiliki identitas maupun integritas yang berisikan ketangguhan dan keuletan dalam mengembangkan kemampuan untuk menghadapi segala macam bentuk ancaman,  tantangan, hambatan hingga gangguan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri.


"Terkait ketahanan nasional, secara formal merupakan kondisi sekaligus konsepsi pembangunan nasional dalam pencapaian cita - cita suatu bangsa", imbuh Kasdim diakhir pemaparannya. 


Dengan pemaparan Kasdim yang lugas, sistematis dan gamblang, diharapkan para peserta Latsar CPNS betul - betul menyerap, menyimak dan mampu mempraktekannya sebagai dasar mengutamakan kepentingan nasional pada saat melaksanakan tugas dan fungsi di lingkup tempat kerjanya.