Notification

×

Kehebatan Lanyalla Mahmud Mattalitti Saat Pimpin PSSI

Senin, Januari 16, 2023 | Senin, Januari 16, 2023 WIB Last Updated 2023-01-16T12:33:47Z


Suara Forum -  Lanyalla Mahmud Mattalitti sedang menjadi perbincangan hangat di publik sepakbola Tanah Air. Penyebabnya, karena ia kembali mencalonkan diri maju sebagai ketua umum PSSI.


Berada dalam lingkup PSSI bukan sesuatu yang baru untuk Lanyalla. Sosok berusia 63 tahun itu sudah berulang kali menempati posisi penting dalam federasi sepakbola Tanah Air tersebut.


Bahkan, saat era Lanyalla memimpin pada 2015 PSSI punya kantor megah. Ia dikabarkan mengeluarkan dana sebesar Rp13 miliar untuk merenovasi tempat tersebut yang berada di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).


Sayang, kantor megah PSSI kini sudah tidak ada. Pemerintah menghancurkan tempat tersebut ketika melakukan renovasi SUGBK jelang digelarnya Asian Games 2018.


Semenjak itu, PSSI kerap berpindah-pindah kantor dengan keadaan yang biasa saja. Kini organisasi yang berdiri pada 1930 tersebut berkantor di GBK Arena.


“Pada saat kepemimpinan Lanyalla di situlah PSSI mem-follow seratus persen FIFA requirement. Sampai-sampai gedungnya dibuat sedemikian bagus. Pada saat itulah PSSI untuk pertama kalinya memiliki kantor sendiri yang sangat berkelas,” kata mantan pelatih timnas Indonesia Rahmad Darmawan.


Rahmad menyatakan ketika Lanyalla menakhodai PSSI, FIFA sangat mendukung perkembangan sepakbola nasional. Oleh karena itu, ia berharap ketua DPD RI ini bisa kembali menjadi orang nomor di organisasi tersebut.


“Administrasi sangat teratur, serta saat itu FIFA mendukung perkembangan sepakbola melalui program pembinaan usia dini FIFA. Hal itu setelah melihat keseriusan PSSI yang saat itu, membangun skill Garuda Muda. Jadi sudah sepantasnya pak Nyalla kembali lagi memimpin PSSI. Semoga para voter sadar dan segera jatuhkan pilihan ke pak Nyalla,” ucapnya.


Lanyalla sudah mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI periode 2023-2027. Ia menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor PSSI, Jumat (13/1).


Adapun PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang. Agenda tersebut untuk memilih para pengurus anyar PSSI.


/Dewi

×