Notification

×

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Presentasikan Visi Menuju Perdamaian

Selasa, November 15, 2022 | 20:22 WIB Last Updated 2022-11-15T13:22:13Z


Suara Forum - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjelaskan soal kemenangan Ukraina di Kherson saat berbicara secara virtual di KTT G20 Bali, di mana Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, juga hadir.


Zelensky mengungkapkan, dirinya baru saja kembali ke Kota Kyiv setelah dari Kota Kherson.


Ia melanjutkan, Kherson merupakan salah satu kota yang diduduki Rusia pasca invasi pada 24 Februari lalu.


"Dan sekarang, Kherson sudah dibebaskan. Bagi Ukraina, operasi pembebasan Pasukan Pertahanan kami adalah pengingat pertempuran-pertempuran di masa lalu, yang menjadi titik balik perang masa lampau," tutur Zelensky secara virtual dalam KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022).


Selanjutnya Zelensky mencontohkan D-Day, saat pasukan Sekutu mendarat di Normandy saat Perang Dunia II. Saat itu, perang memang belum berakhir, namun momen itu merupakan titik balik dalam PD II.


"Itulah yang kami rasakan sekarang. Sekarang, ketika Kherson dibebaskan," katanya.


Masih dari penjelasan Zelensky, Ukraina sekarang memang masih harus terus berjuang untuk merebut kembali seluruh wilayah mereka.


Namun demikian, sudah mempersiapkan formula perdamaian yang mampu meminimalisir korban jiwa, sekaligus melindungi dunia dari ketidakstabilan.


"Itu kenapa saya ingin mempresentasikan visi kami mengenai jalan menuju perdamaian. Bagaimana untuk benar-benar mencapainya," jelasnya.


"Dan tidak hanya untuk kami. Tapi juga untuk Anda semua, sekutu dan mitra Anda,”sambungnya.


Lalu, Zelensky  menjelaskan formula perdamaian yang sebelumnya juga telah disodorkan di hadapan forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


/Rudi

×