Notification

×

Siap Siaga, 3.175 Tenaga Medis Tersebar di Lokasi Pengungsian Gempa Cianjur

Selasa, November 29, 2022 | 12:21 WIB Last Updated 2022-11-29T05:21:31Z


Suara Forum - Sebanyak 3.175 tenaga medis telah tersebar di 194 lokasi pengungsian Gempa Cianjur, Jawa Barat. Hal itu dikatakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna menangani warga terdampak gempa Cianjur yang begitu dahsyatnya.


"Tersebar pada 194 lokasi pengungsian di delapan kecamatan," jelas Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.


Ditambahkan Abdul, terdapat delapan kecamatan di Kabupaten Cianjur itu meliputi Pacet, Cugenang, Gekbrong, Warungkondang, Mande, Cilaku, Cibeber, dan Cianjur Kota.


Tenaga kesehatan yang dikerahkan itu terdiri dari dokter umum, perawat, ahli gizi, bidan, apoteker, tenaga surveilan, kesehatan lingkungan, terapis, psikolog, dan beragam dokter spesialis mendukung pelayanan kesehatan warga terdampak.


Aktivitas pelayanan kesehatan yang dinaungi oleh Kementerian Kesehatan itu telah mengamati dan mendata untuk mencegah penyakit atau wabah serta penyerahan logistik kesehatan ke dinas terkait.


Di samping itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur telah melakukan "Rapid Health Assessment" (RHA), memobilisasi untuk memberikan pelayanan kesehatan di beberapa titik pengungsi, serta mendata ketersediaan obat, kelompok rentan dan tren penyakit di titik pengungsian. 


/Rudi

×