Notification

×

BMKG Perkirakan Tiga Daerah Berpotensi Banjir Tinggi Pada Januari 2023

Jumat, Januari 06, 2023 | 09:42 WIB Last Updated 2023-01-06T02:42:08Z


Suara Forum - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut ada tiga wilayah di Indonesia yang berpotensi banjir kategori tinggi pada Januari 2023 ini. Di antaranya Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Selatan.


"Untuk Dasarian I Januari 2023, wilayah Indonesia yang diprakirakan memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi meliputi Banten (Kabupaten Pandeglang)," ungkap BMKG dalam keterangannya, Jumat (6/1/2023).


"(Kemudian) Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Kupang, Kota Kupang), dan Sulawesi Selatan (Kabupaten Barru, Bone Gowa, Jeneponto, Kota Makassar, Maros, Pangkajene Kepulauan, Soppeng, Takalar)," sambungnya.


Berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), BMKG menjelaskan sebanyak 76 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan. Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian besar Sumatera, dan Jawa.


Selain itu, daerah lainnya antar lain Bali, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi, Papua Barat dan Papua, sebagian Maluku Utara bagian Utara dan Selatan, serta Maluku bagian Tengah.


BMKG juga melaporkan curah hujan pada Dasarian III Desember 2022 umumnya berada di kriteria Rendah -Menengah (20 – 150 mm/dasarian).


Curah hujan kategori Tinggi hingga Sangat Tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat bagian Selatan, sebagian Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian NTT dan NTB, Sulawesi Selatan bagian Selatan, Kalimantan Utara bagian Utara, dan sebagian Maluku.


Pada Dasarian I Desember 2022 umumnya curah hujan berada di kriteria rendah-menengah (20 - 150 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatera, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, sebagian Maluku dan Papua, sebagian kecil Jawa, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara.


Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50 – 150 mm/dasarian) berada di sebagian besar Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua, sebagian Sumatera bag tengah-selatan, Maluku, sebagian kecil Malut, Sulawesi, Papua Barat.


"Wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan,” tukasnya.


/Rudi

×