Notification

×

Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Turki

Rabu, Februari 08, 2023 | 08:06 WIB Last Updated 2023-02-08T01:06:26Z


Suara Forum - Jakarta. Bantuan kemanusiaan akan disalurkan oleh pemerintah Indonesia ke Turki untuk membantu korban gempa besar yang mengguncang wilayah selatan negara Turki.


“Sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan dan juga oleh Kemensos. Baru disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat,” jelas Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Selasa (7/2/23).


Pada kesempatan terpisah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menyampaikan ihwal bantuan kemanusiaan ke Turki. “Dulu Turki waktu kita ada tsunami di Aceh dia paling awal membantu. Oleh karena itu tadi juga dengan Presiden kita bicara-bicara dengan Pak Menhan Prabowo, kita akan segera mengirim misi bantuan ke (Turki),” jelasnya di Gresik, Jawa Timur.


Wapres menekankan bantuan kemanusiaan itu bagian dari pada tanggung jawab internasional Indonesia, di mana di dunia ini setiap negara sudah semestinya harus saling membantu satu sama lain manakala terjadi bencana.


Adapun berdasarkan informasi Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal, bantuan kemanusiaan tahap satu sudah disalurkan pada Senin (6/2/23).


Paket bantuan berupa satu kontainer bahan makanan itu akan diserahkan oleh Dubes Iqbal bersama tim KBRI Ankara yang sedang dalam perjalanan menuju Gaziantep, sekitar enam jam perjalanan darat dari Ankara.


"Saat ini saya bersama tim KBRI sedang bergerak menuju Gaziantep untuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu kontainer bahan makanan dari pemerintah Indonesia untuk diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Turki (organisasi kemanusiaan Turki)," ungkap Dubes Iqbal.


Selain makanan, tim KBRI Ankara juga telah menyiapkan sekitar 300 selimut untuk para WNI yang memilih tetap tinggal di rumah penampungan.


/Pemred / Rudi

×