Notification

×

Menko PMK: Arus Balik Lebaran 2024 Terkendali

Senin, April 15, 2024 | 12:21 WIB Last Updated 2024-04-15T05:21:58Z

 


Suara Forum - Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy memastikan arus balik Lebaran tahun ini secara umum aman dan terkendali.


Pernyataan tersebut disampaikan Menko PMK Muhadjir saat mengecek arus balik Lebaran di Command Center Km 29 Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (14/4/2024) malam.


"Alhamdulillah pada malam hari ini, saya di Km 29 memantau arus balik dari arah timur yang akan kembali ke Jakarta. Untuk kondisi secara umum terkendali, bagus," ungkap Muhadjir Effendy.


Menrut Muhadjir, kepadatan arus balik Lebaran bisa diatasi dengan beberapa rekayasa lalu lintas. Mulai dari pemberlakukancontraflow hingga mengatur pintu keluar masuk rest area.


"Mulai dari memperpanjang contraflow, kemudian mengawasi semua titik-titik rawan, terutama pintu masuk dan keluar rest area yang selama ini menjadi masalah," terangnya.


Selain itu, lanjut Muhadjir, untuk mengurai arus balik juga dilakukan dengan membuka Tol Japek (Jakarta-Cikampek) II Selatan. Dia menyebut jalur tersebut bisa menjadi alternatif menghindari kemacetan.


"Memang belum ada lampu, tapi nanti pengendara akan dikawal oleh pihak Polantas sampai keluar yang panjangnya sekitar 8,5 Km, sehingga tidak terlalu tajam," tuturnya.


"Insyaallah, mudah-mudahan target kita tidak ada kurva yang ekstrem terjadi peak hours maupun peak days, mudah-mudahan target kita tercapai," imbuhnya.(red_Rudi)

×