Notification

×

5 Makanan dan Minuman yang Dipercaya Bisa Bangun Sistem Kekebalan Tubuh

Senin, November 21 | 10:23 WIB Last Updated 2022-11-21T03:23:02Z


Suara Forum - Dalam beberapa tahun terakhir, hampir semua orang fokus membangun sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penularan Covid-19. Sayangnya, para ahli menyebut virus Corona bukan satu-satunya penyakit yang perlu diwaspadai.


The New York Times baru-baru ini merilis sebuah artikel tentang kondisi "tidemik", yang merupakan istilah baru dari peningkatan kasus flu musim ini. Peningkatan kasusnya dinilai masih terus berlanjut.


Seorang penulis The Sports Nutrition Playbook dan anggota Dewan Ahli Medis, Amy Goodson MS RD CSSD LD menyarankan konsumsi makanan seimbang untuk menjaga kekebalan tubuh.


"Jika ingin menjaga sistem kekebalan tubuh kuat terhadap pilek, kuman, dan penyakit lainnya, penuhi makanan utuh seperti produk berwarna-warni, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, dan biji-bijian," ungkap Amy Goodson.


Seperti dilansir dari laman EatThis, Senin (21/11/2022), berikut asupan yang bisa dipilih untuk membantu melawan tridemik.


1. Makanan Kaya Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan spesifik yang dikenal untuk membantu menjaga sistem kekebalan dan melawan penyakit. Selain jeruk, ini bisa didapat dari tomat dan jus tomat, paprika merah, stroberi, dan sayuran hijau seperti bayam dan kacang hijau.


2. Makanan Tinggi Seng
"Daging sapi dianggap sebagai sumber seng yang sangat baik, menyediakan hampir setengah dari apa yang dibutuhkan dalam sehari," kata Goodson.


Jadi, memilih daging merah tanpa lemak saat makan dapat membantu memenuhi nutrisi penting ini. Jika Anda tidak menyukai daging merah, juga bisa mendapatkan seng melalui kacang-kacangan, biji-bijian, makanan olahan susu, dan bahkan cokelat hitam.


3. Minum Lebih Banyak Smoothie
"Smoothie yang dikemas dengan antioksidan dan bahan peningkat kekebalan adalah cara terbaik untuk mempersiapkan tubuh melawan tridemia yang akan datang, dan itu adalah cara yang bagus untuk mendapatkan nutrisi ini bagi anak-anak Anda untuk melindungi dari RSV, juga," kata Trista Best MPH RD LD di Balance One Suplemen.


Beberapa bahan yang perlu dipertimbangkan termasuk blueberry, bayam, pepaya, biji rami, kangkung, mangga, dan jahe. Pertimbangkan bahan dasar jus jeruk alami yang kaya vitamin C atau kefir untuk probiotik.


4. Camilan Kacang dan Biji-bijian
Camilan penambah kekebalan tubuh adalah cara terbaik untuk mengintegrasikan nutrisi ke dalam tubuh dan melindungi dari penyakit. Jadi, ganti keripik atau popcorn biasa dengan kacang-kacangan serta biji-bijian.


Kacang seperti almond dan walnut, atau biji-bijian seperti bunga matahari dan labu, mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu mengatur dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini termasuk B6, fosfor, selenium, dan magnesium, bersama dengan lemak sehat yang membantu menurunkan peradangan yang dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh.


5. Makanan Fermentasi
Hal yang tidak kalah penting, mengonsumsi makanan fermentasi dalam dosis yang sehat untuk menyediakan probiotik, bakteri menguntungkan. Best mengatakan probiotik dapat membantu kekebalan dengan mengeluarkan zat yang memicu sistem kekebalan untuk bereaksi lebih kuat, sehingga mencegah patogen untuk berakar dan menyebabkan penyakit.


Jika mencari makanan kaya probiotik yang lezat, Best menyarankan yogurt dengan live active cultures, keju seperti gouda, mozzarella, dan cheddar, kefir, asinan kubis, acar, cuka sari apel, miso, dan kimchi.


/Rudi