Notification

×

Kemenhub Pastikan Kelancaran Arus Balik Lebaran 2024

Senin, April 15, 2024 | 00:49 WIB Last Updated 2024-04-14T17:51:19Z

 




Suara Forum - Jakarta. Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, dalam keterangannya ia memastikan kelancaran arus balik Lebaran 2024 dapat berjalan baik dan aman di sejumlah titik simpul transportasi yang ada di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar).


“Kami sudah melakukan peninjauan sejumlah titik antara lain Simpang Joglo Solo, Gerbang Tol Boyolali, Terminal Banyumanik, Gerbang Tol Kalikangkung serta sejumlah rest area pada ruas jalan Tol Semarang - Cirebon,” ujarnya,Minggu (14/04/24).


Menhub dalam keterangannya mengaku telah meninjau simpul transportasi di sejumlah titik yang ada Jawa Tengah dan Jawa Barat guna memastikan sarana dan prasarana angkutan arus balik Lebaran 2024 berjalan aman dan lancar.


"Saya melakukan pantauan karena simpul kemacetan itu ada dua, yaitu simpang di Kalikangkung dan di pertemuan Bandung dengan Cipali. Jika bicara Kalikangkung maka pengelolaan di Banyumanik dan Salatiga harus disertai. Jadi kita pantau semuanya," jelasnya.


Dr. Ir. Budi Karya Sumadi, dalam kunjungannya di Posko Polisi Terpadu Boyolali, sempat melakukan rapat koordinasi untuk kelancaran perjalanan balik dari pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak.


Ia menyampaikan akan dilakukan skema pelaksanaan aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bakauheni dan Merak sehingga tidak mengganggu perjalanan balik Lebaran.


Kemudian untuk memantau aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bakauheni dan Merak, Menhub menginstruksikan untuk membuat fasilitas war room, sebuah ruangan yang menyajikan data dan informasi secara digital terkait aktivitas di pelabuhan.


"Nanti akan tercatat di situ (war room) dalam satu hari kira-kira berapa aktivitas bongkar muat, serta perencanaannya. Pada war room itu masing-masing stakeholder hadir dan berkoordinasi dengan baik," jelasnya.(red_Rudi)

×