Notification

×

Resmikan Pompa Ancol Sentiong, Jokowi Harap Banjir Jakarta Berkurang

Senin, Desember 11, 2023 | 17:35 WIB Last Updated 2023-12-11T10:35:00Z

 


Suara Forum - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Stasiun Pompa Air Ancol Sentiong, Jakarta Utara, Senin (11/12/2023). Kepala Negara menyebut pompa ini dibangun dengan biaya sebesar Rp481 miliar dan menjadi yang terbesar di Indonesia.


Dengan selesainya pembangunan pompa air ini, Jokowi berharap keberadaan infrastruktur tersebut dapat mengurangi banjir di tujuh kecamatan di Jakarta.


"Ini adalah stasiun pompa terbesar di Indonesia, paling besar, dan ya menghabiskan anggaran juga sangat besar Rp481 miliar. Kita harapkan ini akan, stasiun pompa ini akan mengurangi banjir yang ada di tujuh kecamatan di DKI Jakarta,” ungkap Jokwoi di lokasi.


menurut Jokowi, untuk pengendalian banjir di Jakarta dari hulu pemerintah telah menyelesaikan pembangunan dua bendungan yaitu Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi.


Selain itu, lanjut Jokowi, pemerintah juga telah menyelesaikan pembangunan sodetan Ciliwung yang akan mengalirkan air dari sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur.
"Pada hari ini telah selesai Stasiun Pompa Air Sentiong di Ancolr. Kita harapkan dengan selesainya tadi di hulu, di tengah, di hilir, di Sentiong ini kita harapkan banjir di Jakarta bisa berkurang kurang lebih 62 persen,” tururnya.


Turut mendampingi Presiden dalam acara ini, antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretariat Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.(red_Rudi)

×