Notification

×

Daftar 17 Rumah Sakit Penyedia Penawar EG dan DEG Gagal Ginjal Anak

Sabtu, November 5 | 19:35 WIB Last Updated 2022-11-05T12:35:17Z


SUARAFORUM.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia telah menerima obat Fomepizole, antidot (penawar) kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dalam darah yang menjadi penyebab maraknya gagal ginjal akut pada anak.


Sebanyak 87 Persen Fomepizole yang diterima disebut merupakan donasi dari negara lain kepada Indonesia dapat digunakan sebagai terapi pengobatan dan dibagikan gratis kepada pasien.


Salah satu rumah sakit yang menyediakan Fomepizole untuk terapi pengobatan penderita gagal ginjal akut pada anak (GGAPA) yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). 95 persen pasien anak di RSCM menunjukkan  perkembangan yang terus membaik selama mendapatkan terapi yang berarti efikasinya baik dalam memberikan kesembuhan dan mengurangi perburukan gejala.


“Fomepizole menjadi bagian dari terapi pengobatan, dan diberikan secara gratis kepada pasien. Kami tidak lakukan komersialisasi obat” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril dalam keterangannya, Sabtu (5/11/2022).


Syahril menegaskan, Fomepizole yang dibagikan gratis dan tidak dikomersialkan. “Saya ulangi, tidak ada komersialisasi obat, tujuannya semata mata untuk keselamatan anak indonesia,” tegasnya.


Sebanyak 246 vial Fomepizole yang sudah tiba di Indonesia, 146 vial Fomepizole sudah didistribusikan kepada 17 rumah sakit di 11 provinsi Indonesia, sementara 100 vial menjadi buffer strok pusat.


17 Rumah Sakit di Indonesia yang sudah menerima distribusi Fomepizole yakni:


1_RSUD Zainoel Abidin, Aceh

2_RSUP Prof Dr. I.G.N.G. Ngoerah, Bali

3_RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta

4_RSAB Harapan Kita, Jakarta

5_RSUP Fatmawati, Jakarta

6_RSCM Jakarta

7_RSUP Hasan Sadikin, Bandung

8_RSUD Dr. Hafiz, Cianjur, Jawa Barat

9_RSU Hermina Mekarsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

10_RSUD Bangli , Bali

11_RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang, Jawa Timur

12_RSUD Dr. Soedarso Pontianak, Kalimantan Barat

13_RSUD Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah

14_RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, Sulawesi Selatan

15_RSUP Dr. M Djamil, Padang, Sumatera Barat

16_RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan

17_RSUP H. Adam Malik, Medan, Sumatera Utara.


/Rudi