Notification

×

Jangan Dikonsumsi Berlebih, Lima Sayuran Ini Tingkatkan Resiko Asam Urat

Minggu, November 06, 2022 | 16:30 WIB Last Updated 2022-11-06T09:30:29Z


SUARAFORUM.com Sayuran memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi ada jenis sayuran justru memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan, salah satunya meningkatkan resiko asam urat.


Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyakitkan dan meradang yang mempengaruhi persendian, seringkali persendian jempol kaki. Meskipun asam urat dapat mempengaruhi sendi mana pun, biasanya hanya satu sendi yang terpengaruh pada waktu tertentu.


Rumah Sakit Beth Israel Lahey Health Winchester merekomendasikan untuk membatasi sayuran ini tidak lebih dari 1/2 cangkir per hari. Namun, tidak jelas apakah sayuran tinggi purin dapat menyebabkan efek negatif yang sama dengan makanan tinggi purin lainnya.


Seperti dirangkum dari laman Live Strong, Minggu (6/11/2022), berikut beberapa jenis sayuran penyebab asam urat.


1. Tauge
Tauge merupakan makanan yang murah, enak, dan memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun tauge kaya akan purin sehingga makan banyak dalam waktu yang lama akan menyebabkan asam urat dalam jumlah besar, yang tidak bisa dihilangkan secara normal, akan mempercepat munculnya asam urat.


2. Asparagus
Asparagus memiliki rasa yang sangat renyah, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat melancarkan buang air besar dan mempercepat ekskresi.


Sayuran ini juga kaya vitamin, yang memiliki fungsi mengatur lipid darah dan melembutkan pembuluh darah. Namun, asparagus merupakan makanan yang banyak mengandung purin dan bisa berakibat buruk pada kesehatan bila dikonsunsi berlebihan.


3. Bayam
Bayam kaya akan nutrisi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pembuangan feses. Namun bayam merupakan sayuran dengan kandungan purin yang tinggi.


Setelah dimakan, tubuh tidak dapat memetabolismenya secara normal sehingga akan terakumulasi dan kehilangan keseimbangan patogenisitas.


4. Jamur
Jamur bisa memberikan banyak asam amino, protein dan vitamin, penderita asam urat tidak bisa makan saat kadar asam urat dalam tubuh sedang tinggi.


Banyak orang menambahkan jamur shiitake dalam proses memasak untuk meningkatkan rasa masakan, tetapi jamur ini adalah makanan yang tinggi purin.


Asupan terlalu banyak purin, dalam proses metabolisme menghasilkan sejumlah besar asam urat dan akan mengiritasi sendi. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan masalah kesehatan.


5. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang disukai banyak orang, memiliki nilai gizi yang tinggi, kaya akan vitamin, serat, memiliki peran memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan melawan kanker.


Selain itu, sayuran ini tidak banyak mengandung kalori. Dengan demikian, brokoli bermanfaat untuk mengontrol berat badan, sehingga banyak orang yang mengonsumsi sayuran ini setiap hari.


Namun, brokoli juga kaya akan purin dan penyebab asam urat sehingga tidak dianjurkan terlalu banyak makan sayuran ini.


/Rudi

×