Notification

×

Kakorlantas Beri Arahan Seluruh Polantas Dalam Pengamanan KTT ASEAN

Minggu, Mei 07, 2023 | 09:16 WIB Last Updated 2023-05-07T02:16:27Z


Suara Forum - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memberikan arahan kepada seluruh personel polantas, baik yang BKO maupun organik yang ditugaskan dalam pengamanan KTT Asean Summit ke-42th di Labuan Bajo.


Didampingi Kasubditwal&PJR Korlantas Polri Brigjen Pol Juni, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubdittatib Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Hery Rio, Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirat dan Dirlantas Polda NTT Kombes Pol Rahmat, Kakorlantas mengatakan bahwa seluruh petugas Polantas yang tergabung dalam satgas Korlantas (Walrolakir) kegiatan asean ini harus memiliki satu kesatuan langkah, satu kebanggaan tersendiri dan tidak masing-masing terbelah-belah.


"Pertama saya ucapkan selamat datang, selamat bergabung di satgas Korlantas. Dan saya ucapkan terimakasih, sampai hari ini saya tidak mendengar bahwa ada anggota  kita yang melakukan pelanggaran," ucap Kakorlantas di Aula Mapolres Manggarai Barat, NTT. Sabtu 6 Mei 2023.


Kakorlantas menambahkan bahwa penyelenggaraan KTT lancar atau tidaknya adalah bagaimana para petugas Polantas bisa mengatur pelaksanaan ini di jalan. Dan itu adalah tugas Polantas.


"Kita tidak peduli panas, kita tidak peduli hujan, saya minta rekan-rekan untuk tetap tegar berada di titik yang telah ditentukan," tambah Kakorlantas.


"Siapa yang bisa pastikan 20 tahun ke depan masih hidup siapa?" Tanya Kakorlantas kepada seluruh petugas Polantas.


Dengan pertanyaan tersebut Kakorlantas ingin mengingatkan kepada seluruh petugas Polantas bahwa semua yang hadir disini tidak ada yang menjamin bahwa besok masih diberikan hidup.


"Oleh karena itu, saya ingin mengajak kepada diri sendiri dan rekan-rekan semua. Manfaatkanlah hari demi hari, waktu demi waktu diisi dengan hal positif. Tugas ini adalah kehormatan polisi lalu lintas," jelas Kakorlantas.


Kakorlantas berpesan kepada seluruh petugas Polantas yang tergabung dalam Satgas Korlantas untuk memberikan tugas pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara.


"Karena lancar atau tidaknya penyelenggaraan ada pada satgas kita, dan saya minta kepada rekan-rekan bisa betul-betul memberikan peran aktif," jelas Kakorlantas.


Kakorlantas juga berharap dengan adanya kehadiran Polantas di Labuan Bajo ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat sekitar.


"Masyarakat tentunya juga harus kita ajak, jangan sampai nanti ada yang ketika pengaturan atau rombongan lewat, kemudian masyarakat merasa tersakiti dengan keberadaan kita," imbuh Kakorlantas.


Kakorlantas berpesan agar seluruh petugas Polantas bisa menjaga perilaku, menjaga komunikasi dengan masyarakat, jaga tutur kata, gunakan bahasa yang baik, tegas, jelas tapi tetap mengayomi. Itulah postur lalu lintas yang diharapkan selama kegiatan pengamanan dan keseharian-harian.


"Kita berharap mereka tentunya bergembira dengan event ini, walaupun mungkin ada satu dua yang harus diputar karena adanya rekayasa," lanjut Kakorlantas.


Kakorlantas sangat berharap seluruh petugas Polantas dapat berperan aktif, baik yang berada di pengawalan, rute, maupun patroli dan parkir, semua petugas Polantas harus terlihat hadir.


"Jangan sampai ada lagi yang parkir dipinggir jalan, kita lakukan pengamanan ini secara dinamis. Untuk petugas di Pam rute pastikan ancaman yang datang dari belakang. Kita walaupun polisi lalu lintas jangan sampai kehilangan insting polisi kita, jangan lengah. Saya minta manfaatkan keberadaan rekan-rekan harus ada manfaatnya untuk satuan kita seluruhnya. Korps kita, satuan kita, institusi kita," jelas Kakorlantas.


Kakorlantas juga mengingatkan agar seluruh petugas Polantas untuk menjaga menjaga kesehatan, jangan kekurangan air minum, dehidrasi dan sebagainya. Minum yang cukup dan jaga kesehatan.


"Saya percaya rekan-rekan yang berada di jalan ini jauh lebih sabar, makanya saya bilang, panas terik, debu menerpa rekan-rekan tetap eksis. Terus berdoa jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun. Semoga apa yang sudah kita persiapkan ini bisa kita hadapi se-dinamis mungkin," kata Kakorlantas.


Kakorlantas kembali mengingatkan persiapkan betul rute rutinitas masyarakat, rute delegasi dan rute penyelamatan. Bila ada perubahan rekayasa VVIP, ingat security nomor satu.


"Kita harus menjamin VVIP tiba dan berangkat dengan selamat dan aman," jelas Kakorlantas


"Selamat bertugas, dan sampai bertemu di medan pengabdian pengamanan KTT Asean," pungkas Kakorlantas.(red_Rudi) 


×