Notification

×

Oplos Ban Baru dengan Bekas, Empat Sopir Truk di Tangerang Diciduk Polisi

Kamis, Desember 21, 2023 | 16:46 WIB Last Updated 2023-12-21T09:46:56Z

 


Suara Forum - Polisi mengamankan empat sopir dump truk perusahaan kontraktor PT TCMS di bilangan Jakarta Timur. Mereka kedapatan mengoplos ban baru dengan ban bekas atau ban vulkanisir pada dump truk ke salah satu bengkel tambal ban di Jalan Raya Prancis, Benda, Kota Tangerang.


"Keempat sopir dump truk tersebut masing-masing berinisial DM (38) AT (29), S (28) dan AS (35)," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dikutip pada Kamis (21/12/2023).


Zain mengatakan, pengungkapan kecurangan para sopir truk tersebut dilaporkan pihak PT TCMS ke Polsek Benda. "Jadi pelaku ini menukarkan ban-ban baru ke salah satu bengkel di wilayah Benda," ucapnya.
Adapun modus yang dilakukan para pelaku, lanjut Zain,dengan mengoplos dan menjual atau menukar ban dump truk yang baru dengan ban bekas atau vulkanisir..


“Para pelaku mendapatkan keuntungan dari penukaran ban baru tersebut dengan ban bekas,” ucap Kapolres.


Menurut Zain, tindak kecurangan para pelaku diketahui setelah salah satu karyawan PT TCMS mengecek nomor seri ban dump truk yang dikemudikan DM. Saat diperiksa ternyata nomor seri ban tersebut tidak sama dengan nomor seri ban yang dibeli perusahaan.


"Setelah diintrogasi, DM mengaku dibantu 3 temen seprofesinya yang lain telah menukar ban barunya dengan ban bekas vulkanisir. Atas kejadian itu pihak perusahaan pun mengalami kerugian sekitar Rp54 Juta lalu melaporkan kejadian itu ke Polsek Benda," jelasnya.


"Saat ini para pelaku sudah ditahan di Mapolsek Benda dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut," imbuhnya.


Atas perbuatannya, keempat pelaku akan dikenakan dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan.(red_Rudi)

×