Notification

×

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Akses Evakuasi Gunung Merapi

22/01/24 | 17:41 WIB Last Updated 2024-01-22T10:41:37Z

 


Suara Forum - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).
Peresmian tersebut disambut antusias warga sekitar yang merasakan langsung manfaat dari jalan yang merupakan akses evakuasi untuk Gunung Merapi tersebut.
"Ruas Muntilan-Keningar,

 Sukomarmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi. Sehingga perlu saya lihat, saya tunjuk dan sudah selesai," ujar Jokowi dalam sambutannya.


Menurut Jokowi, Kementerian PUPR membangun ruas jalan tersebut tidak dengan aspal, melainkan rigid beton agar lebih awet, mengingat banyak truk pasir yang melintas.


"Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal, tapi dengan rigid beton ini akan memberikan keawetan, karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton. Kita harapkan ini lebih awet," tuturnya.


Sementara seorang warga yang memiliki usaha rumah makan di sekitar ruas jalan Muntilan-Keningar bernama Sumedi mengaku merasakan manfaat langsung dari rekonstruksi jalan ini.


"Manfaatnya banyak. Semoga evakuasinya lebih mudah dan lebih cepat untuk mengantisipasi letusan merapi yang dahsyat itu lebih cepa dan menambah kelancaran ekonomi masyarakat khususnya sekitar (Kecamatan) Dukun,” ungkap Sumedi.(red_Rudi)